News Update
Loading...

Minggu, 26 April 2020

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Notifikasi Instagram

Saat ini, banyak orang yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam memperoleh informasi. Berbagai informasi bisa kita dapatkan dari berbagai media. Bisa dari website-website resmi seperti kompas, tribunnews, detik, dan lain sebagainya. Namun, tidak jarang juga website-website itu memiliki akun sosial media yang digunakan untuk mempromosikan berita-berita mereka.

Tidak berhenti di situ, terkadang beberapa orang juga lebih memilih menggunakan sosial media untuk memperoleh informasi atau berita. Memang hal ini bisa saja terjadi, yang jelas, kita tetap perlu berhati-hati untuk mengolah informasi yang kita dapatkan.

Selain informasi mengenai berita, tidak jarang juga kita membutuhkan informasi yang cepat mengenai apa-apa saja yang terjadi di dunia sosial media. Salah satunya Instagram. Aku pribadi kadang merasa penasaran siapa saja yang memberikan like ke postingan Instagram yang baru saja aku unggah, atau siapa yang meninggalkan komentar di postinganku.

A. Mengaktifkan Notifikasi Instagram

Settingan Default Instagram akan membuatmu mendapatkan notifikasi baik ketika mendapatkan komentar, like, dm dan lain sebagainya. Bagi kamu yang tidak mendapatkannya, jangan khawatir, karena kamu bisa menyetingnya melalui menu Privasi.

1. Buka Instagram dan masuk ke halaman profilmu.

2. Tap garis 3 yang ada di pojok kanan atas, lalu tap pengaturan.

3. Pilih Pengaturan Notifikasi.

4. Tap Postingan, Cerita, dan Komentar.

5. Pada bagian ini, mungkin kamu pernah mengubahnya menjadi nonaktif sehingga kamu tidak mendapatkan notifikasi. Kamu bisa mengaktifkan notifikasi dengan memilih Dari Semua Orang atau Orang yang Saya Ikuti.

Opsi Dari Semua Orang akan membuatmu mendapatkan notifikasi Instagram ketika ada yang menyukai atau mengomentari postinganmu.

Sedangkan Orang yang Saya Ikuti akan membuatmu menerima notifikasi ketika akun yang kamu ikuti memberikan likes, atau komentar di postinganmu.

Selain mengaktifkan notifikasi untuk postingan, kamu juga bisa mengaktifkan  notifikasi yang lain, seperti notifkasi ketika menerima DM, ketika ada followers baru, siaran langsung, bahkan update dari Instagram.


  • Dari settingan HP

Jika kamu sudah mempraktikkan cara-cara di atas, tetapi masih belum menemukan titik terang alias kamu masih belum mendapatkan notifikasi, coba atur notifikasi Instagram dari pengaturan atau setting.

Dari menu yang tadi, atau menu pengaturan notifikasi, coba gulir ke bawah, kamu akan menemukan menu Opsi Tambahan dari Pengaturan Sistem.

Jika kamu kesulitan untuk menemukan menu tersebut, kamu bisa masuk ke menu notifkasi Instagram secara manual dengan membuka Pengaturan - Aplikasi - Instagram - Notifikasi.

Selanjutnya aktifkan dengan centang semuanya agar kamu bisa mendapatkan notifikasi dari Instagram atau aktifkan beberapa fitur saja sesuai seleramu.

B. Menonaktifkan Notifikasi Instagram

Berkebalikan dengan cara di atas, bagi kamu yang ingin fokus belajar, misalnya, kamu bisa menonaktifkan Notifikasi Instagram baik sementara, maupun permanen.

1. Menonaktifkan Notifikasi Instagram sementara waktu

Bagi kamu yang sudah terlanjur nyaman dengan settingan akun Instagramnu, khususnya settingan Notifikasi, tetapi kamu vakum sejenak dari dunia Instagram, kamu bisa aktifkan fitur pause di akunmu.

Caranya buka Instagram - Pengaturan akunmu - Notifkasi - Jeda Semua.

Selanjutnya pilih durasi yang ingin kamu terapkan, minimal 15 menit, dan maximal 8jam. Selanjutnya tap OK.

Cara ini efektif bagi kamu yang ingin mengambil jarak pada dunia Instagram untuk sementara waktu, tanpa ribet mengatur ini dan itu.


2. Menonaktifkan Seluruh Notifikasi Instagram 

  • Dari menu Instagram
Cara ini dapat kamu gunakan ketika kamu tidak ingin mendapatkan notifikasi mengenai berbagai aktivitas di Instagram. Cara untuk menonaktifkan notifkasi Instagram-mu, buka profil Instagram - masuk menu Pengaturan - Notifikasi - Postingan, Komentar, dan Likes - pilih Nonaktifkan.

  • Dari setting HP
Tanpa perlu repot-repot, kamu juga bisa menonaktifkan Notifikasi Instagram dari setting HP-mu. Buka Setting - Tap Aplikasi - Instagram - Notifikasi.

Selanjutnya matikan notifikasi agar kamu tidak mendapatkan notifikasimu.

Sekian tulisan mengenai cara mengaktikan dan mematikan Notifikasi Instagram, semoga bermanfaat. Kalau kamu memiliki cara yang lebh gampang, bagikan di kolom komentar, ya!.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done