News Update
Loading...

Selasa, 28 April 2020

Kuis di Instagram

Sampai tulisan ini dibuat, kurang lebih satu setengah bulan pemerintah menerapkan kebijakan di rumah aja. Sekolah dari rumah, kerja dari rumah, sampai beribadah juga di rumah aja. Bagaimana perasasanmu selama berminggu-minggu tetap di rumah aja? Bosan? Ngantuk? Kurang produktif?Yang jelas, jangan sampai kebijakan di rumah aja ini mengganggu produktivitasmu ya.

Bagi kamu yang bosen di rumah dan terhibur dengan adanya sosial media Instagram khususnya, ada kabar gembira karena pada tulisan ini, kita akan membahas cara membuat kuis di Instagram untuk mengurangi kebosananmu di rumah, dan menunjukkan produktivitas dan kreatifitasmu, ya.

Kuis yang kamu bagikan ini khusus di Instastory, ya. Followersmu bisa menonton dan berinteraksi dengan kuis yang sudah kamu buat ini, bahkan tidak hanya followersmu yang bisa menonton, tetapi orang lain pun juga bisa menonton dan berinteraksi denganmu. Namun berbeda cerita jika kamu membagikannya kepada teman dekat yang sudah kamu atur sebelumnya, atau kalau akunmu akun private.
Kuis di Instagram


Bingung dengan teman dekat? Teman dekat atau close friend adalah salah satu fitur Instagram yang digunakan untuk membatasi siapa saja yang bisa melihat Instastorymu, untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca tulisan lengkapnya di tulisan berjudul Cara Memunculkan Close Friend Instagram.

Selain close friend, Instagram juga berusaha memfasilitasi penggunanya untuk menjaga privasi dengan fitur akun private. Bagi kamu yang ingin mengubah ke mode private, kamu bisa cek tulisan dengan judul Cara Memprivate Akun Instagram.

Secara bawaan, Instagram menyetel penggunanya dengan setelan publik, artinya siapapun bisa melihat postingan maupun Instastory yang kamu bagikan. Jadi, jika kamu tidak mengaktifkan kedua fitur tersebut, kuismu bisa diakses siapapun.

1. Kuis Instagram Secara Bawaan

Jika dilihat-lihat, sebenarnya Instagram sudah memiliki fitur bawaan yang bisa kita gunakan secara cuma-cuma alias gratis.

  • Kuis Instagram Pilihan Ganda
Yang pertama adalah kuis pilihan ganda. Seperti soal-soal di ujian-ujian, kuis ini berbentuk pilihan ganda, atau banyak pilihan dengan satu jawaban benar. Untuk membuat kuis ini, kamu bisa mempraktikkan cara-cara di bawah ini.

1. Buka Instagram dan buat Instastory seperti biasanya, dengan tap icon di pojok kiri atas topik.

2. Ambil foto sebagai background atau sekadar menjadi background kuismu.

3. Selanjutnya, tap icon stiker yang ada di di antara icon-icon yang lain di atas layar.
Kuis di Instagram
tap icon stiker

4. Maka, akan muncul banyak pilihan, tap stiker dengan judul kuis, seperti di bawah ini.
Kuis di Instagram
tap kuis

5. Selanjutnya isi pertanyaan dan pilihan. Pertanyaan yang sudah kamu buat, silakan masukkan di kolom atas, dan untuk jawaban benar, centang di bagian kiri sampai ada tanda centang hijau.
Kuis di Instagram
isi pertanyaan, pilihan, dan tandai jawaban

6. Jika sudah, tap bagikan dengan tap di pojok kiri bawah. 
Kuis di Instagram
tap bagikan

7. Selesai, kamu sudah membuat kuis di Instagram berbentuk Pilihan ganda.

Untuk melihat jawaban dari teman-temanmu, tap tap Instastorymu. Selain melihat Instastorymu, kamu juga bisa melihat jawaban teman-temanmu yang menjawab kuis Instagram yang sudah kamu buat.
Kuis di Instagram
Contoh jawaban yang dipilih teman kita.
Bagi kamu yang berprofesi menjadi guru atau asisten dosen, kamu bisa menerapkan metode ini sebagai kuis pembelajaran di rumah aja. Meskipun repot harus merekap, setidaknya mudah digunakan karena Instagram banyak digunakan oleh anak muda, pelajar SMP, SMA, mahasiswa.

  • Polling
Siapa yang tak kenal polling? Mungkin kamu lebih mengenal dengan voting. Sebenarnya, Instagram juga sudah memberikan fitur ini, kamu bisa membuat polling atau voting menggunakan Instastory Instagram. Sayangnya, polling ini hanya memiliki 2 pilihan, belum mendukung banyak pilihan. Nah, untuk membuat kuis berbentuk polling ini, caranya hampir sama dengan membuat pilihan ganda.

1. Buka Instagram, lalu buat Instastory, selanjutnya tap Icon Stiker yang ada di atas.
Kuis di Instagram

2. Selanjutnya tap menu polling.
Kuis di Instagram
Tap Polling

3. Tuliskan pertanyan, sekaligus pilihan jawabanmu. Jangan lupa untuk dibagikan, baik kepada publik, ataupun close friend.
Kuis di Instagram
Bagikan

Kamu juga bisa melihat hasil polling dengan melihat siapa saja yang melihat Instastory-mu, tap bagian Pemberi Suara, atau kamu cukup melihat di bawahnya, sudah ada ringkasannya.
Kuis di Instagram

Untuk hasil polling juga bisa kamu bagikan dengan tap Bagikan Hasil. Maka hasil pollingnya otomatis menjadi draft Instastorymu.


  • Pertanyaan
Berbeda dengan kedua kuis sebelumnya, fitur ini memungkinkan temanmu untuk memberi pertanyaan. Intinya kamu memberi tempat untuk bertanya kepada penonton Instastorymu, selanjutnya kamu berhak untuk mengabaikan ataupun menjawabnya di Instastory. Untuk membuatnya, pada bagian stiker, tap menu pertanyaan.
Kuis di Instagram
Tap Pertanyaan

Selanjutnya kamu bisa memberikan pancingan, agar teman-temanmu mengirim pertanyaan ke kamu. Contohnya seperti di bawah ini, pada kotak ungu untuk mengganti tampilan box pertanyaanmu.
Kuis di Instagram
Buat Pertanyaan

Jika temanmu sudah ada yang tanya, kamu bisa menjawabnya dengan tap siapa saja yang melihat Instastory-mu, lalu ada beragam pertanyaan dari temanmu. Untuk menjawabnya, tap satu pertanyaan, lalu tap bagikan Tanggapan
Kuis di Instagram
Tap Bagikan Tanggapan untuk membagikan tanggapanmu

2. Kuis di Instagram dari Menu Filter

Belum lama ini, Instagram membuat fitur Stiker dan Creator, gunanya untuk memberikan ruang bagi creator-creator khususnya di bidang visual untuk memamerkan karyanya. Beberapa bulan yang lalu atau mungkin sampai sekarang, masih hangat di Instastory mengenai kuis tebak gambar atau head quiz, makan krupuk, dan sebagainya. Nah untuk memainkan game tersebut, kamu bisa membaca tulisan berjudul Cara Bermain HeadQuiz [+Bonus].

Berbeda dengan kuis bawaan IG, pada fitur buatan para kreator ini, kamu tidak bisa berinteraksi secara langsung di Instastory Instagram (maksudnya tidak bisa tanya jawab), dan meminta pendapat. Jadi, filter-filter di bawah ini, bisa kamu gunakan sendiri, atau ketika bersama keluargamu, ya.

Untuk menggunakan kuis selain HeadQuiz, kamu juga bisa mencoba beberapa filter buatan para kreator di bawah ini

  • Pernah Ga
Sesuai judulnya, filter berjudul Pernah Ga ini berisi filter Instagram dengan beragam pertanyaan Pernah Ga. Misalnya Pernah Ga kamu nangis di jalanan, atau Pernah Ga Menerobos Lampu Merah, dan lainnya. Nah, untuk membuat kuis Pernah Ga, caranya cukup mudah.

1. Buka Instagram, lalu cari username Ferdaysss atau kamu bisa menggunakan tautan ini agar cepat mencarinya.
Kuis di Instagram

2. Selanjutnya, Buka bagian filter, dan tap Pernah Ga, jika sudah, tap Coba yang ada di pojok kiri bawah.
Kuis di Instagram
Tap Pernah Ga

Kuis di Instagram
Tap Coba

3. Untuk merekamnya, kamu cukup menahan tombol di tengah seperti membuat Instastory pada umumnya, cukup tahan tombol rekam, dan kamu bisa tap layarmu untuk mengganti pertanyaannya.

4. Oiya, ada dua warna belakang yang bisa kamu gunakan, warna merah dan warna biru, untuk mengganti tampilannya, tap icon yang ada di kotak seperti gambar.
Kuis di Instagram

Selesai, kamu sudah membuat Kuis di Instagram menggunakan Filter buatan @Ferdaysss.


  • Sebutkan Terbanyak
Menggunakan kuis ini, kamu diminta untuk berpikir cepat, bagaimana tidak? Kamu diminta untuk menyebutkan sebanyak-banyaknya, misalnya sebutakan nama negara dengan huruf awal P, atau menyebutkan nama barang dengan awalan G, kamu hanya diberi waktu 24 detik untuk menyebutkan sebanyak-banyaknya. Yuk coba filter ini, dengan mempraktikkan cara-cara di bawah ini.

1. Buka aplikasi Instagram, lalu cari Fahrezaos.
Kuis di Instagram
Cari @fahrezaos

2. Selanjutnya buka menu filter, lalu scroll ke bawah, dan Tap Sebutkan Terbanyak.
Kuis di Instagram


3. Selanjutnya, Tap Coba. Untuk merekam video, cukup tekan tombol di tengah, dan untuk mengganti pertanyaan, kamu bisa tap layar HP-mu.
Kuis di Instagram

4. Bagi kamu yang ingin "menantang" temanmu, sebelum membagikannya, kamu bisa menambahkan username temanmu yang ingin kamu tantang. Selanjutnya Tap Bagikan. Meski di rumah aja, kamu juga tetap seru-seruan dengan teman-temanmu. 

Selesai. Kamu sudah memainkan kuis di Instagram, meski tak bertatap muka, kamu bisa seru-seruan di dunia maya.

  • Mencari Kuis dari Fitur Instastory di Instagram
Selain dua kreator itu, bagi kamu yang ingin membuat kuis di Instagram lainnya, kamu bisa menemukan kuis-kuis langsung dari fitur Instastory. Keuntungan menggunakan fitur ini, kamu tak perlu susah-susah mencari username creator filter IG.

1. Buka aplikasi Instagram, lalu login menggunakan akunmu, selanjutnya tap Instastory.

2. Pada bagian icon untuk rekam atau ambil foto, gulir ke kanan, lalu tap telusuri efek.
Kuis di Instagram
Gulir ke kanan pada tombol mengambil gambar

Kuis di Instagram
Tap Telusuri Efek

3. Selanjutnya, tap icon lup atau kaca pembesar di pojok kanan atas.
Kuis di Instagram

4. Ketik quiz, tunggu beberapa saat, selanjutnya, pilih kuis yang ingin kamu gunakan, tanpa perlu repot-repot mencari username.
Kuis di Instagram

5. Untuk menggunakannya, tap salah satu filter, selanjutnya tap Coba.
Tap Filter yang ingin kamu gunakan

Kuis di Instagram
Tap Coba

Mungkin kamu akan menemukan banyak sekali filter kuis yang menggunakan bahasa Inggris. Namun, hal ini tidak akan merugikanmu, hitung-hitung bermain Instagram, seru-seruan, dan menambah pengetahuan bahasa Inggris.

3. Kesimpulan

Ada beragam kuis yang sudah tersedia di Instagram, mulai dari kuis bawaan, sampai kuis-kuis yang dibuat oleh para creator. Perbedaan dari fitur kuis bawaan Instagram, dan kuis buatan Creator yang paling mencolok adalah fitur bawaan Instagram memungkinkan kamu untuk memberi tanggapan secara langsung di stiker tersebut. Sedangkan, kuis buatan creator, kamu tidak bisa menanggapi secara langsung di stiker tersebut. Walaupun kamu juga bisa mengomentari dengan memberi emoticons, atau membalas Instastory-nya.

Selain itu, dari segi kepraktisan, menurutku lebih praktis fitur kuis bawaan Instagram, tetapi ya tampilannya hanya itu-itu saja. Berbeda dengan kuis buatan creator, lebih inovatif, dan lebih kreatif, walaupun kamu harus melewati langkah ini, dan itu.

Oiya, usulku follow saja para pemilik filter karena bisa saja dengan bertambahnya follower mereka, mereka semakin semangat untuk terus berkarya, sehingga creator-creator di Indonesia bisa lebih berkembang dan bisa bersaing di dunia maya maupun di dunia maya.

Kamu punya kuis yang lain? Bagikan di kolom komentar, ya! Tetap seru-seruan meski di dunia maya! Akhir kata, selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done